Perbedaan Nafsu dan Cinta di Otak

Gambar

Apakah perbedaan cinta dan nafsu? Jawabannya bisa ditemukan dari bagian otak mana yang diaktifkan. Untuk pertama kalinya para ilmuwan mengidentifikasi bagian otak yang dirangsang oleh perasaan cinta dan nafsu.

Penelitian yang diterbitkan Rabu (20/6) di Journal of Sexual Medicine menganalisa sekitar 20 penelitian yang berhubungan dengan efek dari seks dan cinta di dalam tubuh.

Penelitian juga meliputi scan otak manusia yang melihat foto erotis, foto orang lain yang berhubungan dengan mereka, makanan, dan pemicu kesenangan lainnya.

Menurut peneliti, dua bagian otak yakni insula dan striatum adalah yang bertanggung jawab untuk melacak di mana nafsu seksual berkembang hingga menimbulkan perasaan cinta.

Nafsu memicu bagian otak yang mengontrol perasaan menyenangkan, yang berhubungan dengan seks dan makanan. Tetapi cinta memicu bagian otak yang berhubungan dengan kebiasaan.

“Kami menetapkan bahasa yang berbeda untuk mencintai dan hasrat seksual dan kecanduan,” kata Profesor Psikologi dari Concordia University di Montreal, Jim Pfaus, yang juga pemimpin penulis penelitian ini.

“Tetapi sungguh, mereka semua diproses di tempat yang sama. Ketika kita melihatnya, istilah cinta pada pandangan pertama mungkin tidak benar. Orang itu memiliki hasrat,” jelasnya.

Otak memperlakukan cinta seperti sebuah kebiasaan yang terbentuk dari waktu ke waktu. Jadi setelah nafsu, mungkin datanglah cinta. Dan perasaan cinta bergerak dari bagian otak yang berbeda yang memproses kebiasaan dan pola imbalan.

Ini menggambarkan, cinta sebagai kebiasaan yang terbentuk ketika hasrat seksual dihargai. Mekanisme otak ini melibatkan monogami dan koneksi di dalam bermacam-macam hubungan.

“Perubahan dari nafsu menjadi cinta adalah mekanisme ikatan di dalam berhubungan”.

Bagian otak yang dipicu kegiatan yang menyenangkan seperti makanan yang enak dan seks juga diaktifkan nafsu seksual. Dan bagian yang terlibat dalam proses cinta juga berhubungan dengan kecanduan obat.

Advertisements

Cara Mengobati Bibir Pecah-pecah

Gambar

Jangan anggap ringan bibir kering atau pecah-pecah, karena jika tak segera diatasi bisa menjadi radang dan bahkan berdarah. Bibir pecah-pecah umumnya sering terjadi saat musim dingin.

Para perokok dan orang-orang yang memiliki kulit kering cenderung memiliki kondisi bibir pecah-pecah setiap hari. Berikut beberapa cara mengobati bibir pecah-pecah Anda, agar kembali sehat versi Times of India, Jumat (22/6).

1. Kondisi kulit kering umumnya terjadi saat kulit atau tubuh mengalami dehidrasi. Untuk menghindarinya, cobalah untuk mengonsumsi air sedikitnya 2-3 liter air per hari.

2. Selain menjaga tubuh agar tak dehidrasi, menjaga makanan agar kulit tak kering juga penting. Cobalah untuk mengonsumsi lebih sering sayuran berdaun hijau, wortel, biji-bijian, dan tomat. Beberapa jenis makanan tesebut terbukti memiliki kandungan vitamin A yang dapat membantu memperbaiki kulit yang rusak.

3. Agar bibir tetap lembab, cobalah untuk mengoleskan sedikit minyak kelapa pada bibir secara rutin.

4. Untuk mengobati bibir pecah-pecah, irisan mentimun yang digosokkan pada bibir juga dipercaya efektif.

5. Sedangkan untuk menjaga agar bibir tetap lembab dan lembut, oleskan sedikit madu pada bibir setiap hari. Lalu oleskan sedikit vaselin atau pelembab bibir setelah olesan madu tadi mengering.

Setelah sekitar 15 menit, bersihkan madu dan vaseline dari bibir menggunakan cotton bud dengan gerakan lembut. Gerakan tersebut berfungsi untuk mengangkat kulit bibir yang mengering. Coba lakukan perawatan ini dua kali dalam sehari agar bibir Anda kembali sehat.

6. Lidah buaya memang dikenal sebagai bahan untuk menyembuhkan kulit yang rusak. Oleskan gel lidah buaya pada bibir yang pecah-pecah. Diamkan hingga kering dan bersihkan dengan air dingin. Rasa lembab dari gel tersebut akan mencegah bibir Anda kembali mengering.

7. Selain beberapa bahan di atas, krim berbahan dasar susu juga dapat Anda gunakan untuk melembabkan bibir sebelum tidur. Kandungan susu dipercaya dapat membuat bibir Anda lembab pada keesokan hari.

Namun, jika kondisi bibir pecah-pecah Anda sudah parah, seperti berdarah dan meradang, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter.

By alisuhendri Posted in Tips

Mempercantik Kulit dengan Tomat

Gambar

Tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk merawat kulit agar lebih indah. Hanya dengan mengonsumsi tomat, ternyata bisa membuat kulit lebih cantik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Inggris, tomat dapat memberikan pertahanan terbaik untuk menjaga kulit tampak muda dan aman dari kerusakan akibat matahari.

Pengujian menunjukkan bahwa mengonsumsi tomat dapat membantu melindungi kulit terhadap sinar matahari dan penuaan kulit. Hal itu karena lycopene dalam tomat merupakan pigmen alami yang membuat tomat berwarna merah, membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Para peneliti membandingkan kulit 20 perempuan. Setengah dari mereka diberi lima sendok makan pasta tomat ditambah 10 gram minyak zaitun setiap hari selama 12 minggu. Hasilnya, para peneliti menemukan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan kulit untuk melindungi diri terhadap sinar ultraviolet.

Selain itu, kulit relawan sesudah percobaan menunjukkan peningkatan tingkat procollagen, molekul yang memberi struktur kulit dan hilangnya yang menyebabkan penuaan kulit dan kurangnya elastisitas. Para peneliti menghitung bahwa perlindungan yang ditawarkan oleh pasta tomat setara dengan tabir surya dengan SPF sebesar 1,3.

“Mengonsumsi tomat bisa menjadi berguna untuk perlindungan matahari layaknya tabir surya,” kata Mark Birch-Machin, dermatolog dari Newcastle University, Inggris.

By alisuhendri Posted in Kulit

Inilah Kunci Kebahagiaan Laki-laki

KEBAHAGIAAN memang bisa datang dari berbagai hal. Teman, keluarga, bahkan hingga lingkungan kerja. Namun tahukah Anda jika latihan fisik seperti olahraga ringan misalnya, dapat mempengaruhi suasana hati pada laki-laki?

Mitch M, seorang konsultan kesehatan berpengalaman, yang dikutip dari msn.com menyatakan bahwa olahraga di pagi hari terbukti ampuh untuk menjaga suasana hati sehingga Anda akan aktif sepanjang hari. Olahraga di pagi hari akan meningkatkan suasana hati dan energi selama berjam-jam setelahnya. Kondisi ini membantu laki-laki lebih siap menghadapi tantangan kerja atau apa pun yang dihadapinya di siang hari.

Selain mempengaruhi sisi psikologis, bentuk latihan fisik di waktu pagi juga akan menyumbang energi berlebih sepanjang hari meskipun kesibukan dalam pekerjaan yang sangat menyita waktu dan pikiran. Untuk mendapatkan tubuh yang aktif dengan suasana hati yang kian terjaga, Anda dapat melakukannya dengan senam lantai seperti push up, sit up, lari santai, hingga bersepeda.

By alisuhendri Posted in Sehat

Cara Unik agar Segera Terlelap


WALAUPUN sudah menuruti beberapa anjuran supaya dapat tidur cepat, seperti minum susu hangat dan mematikan lampu, tetap saja terkadang sulit untuk membiarkan tubuh dan pikiran kita beralih ke alam mimpi. Bagi Anda masih merasa kesulitan untuk tidur, ada empat trik unik dan berbeda yang bisa Anda coba, yang dikutip dari Shine.com.

1. Kepalkan jari kaki
Kepalkan jari-jari kaki hingga hitungan ketujuh ulangi hingga beberapa kali hingga merasa nyaman dan tertidur.

2. Rapikan tempat tidur
Kegiatan ini tentu mengingatkan kita akan masa kecil saat kita selalu diharuskan membereskan tempat tidur sendiri. Ternyata trik simpel ini dinilai cukup efektif untuk membantu kita lebih cepat tertidur. Sebuah studi menemukan bahwa mereka yang merapikan tempat tidur sebelum beranjak tidur setiap hari, 19 persennya mengaku tidur lebih nyenyak. Mengganti sprei dan tidur di kasur serta bantal yang bersih dan harum juga membantu. Membayangkan kasur yang empuk, bersih, dan wangi saja sudah membuat kita mengantuk.

3. Suhu kamar sesuai
Tidur dengan suhu terlalu dingin atau panas tentu akan membangunkan Anda seketika. Maka itu, coba temukan sendiri suhu yang paling nyaman untuk Anda tidur. Apakah membutuhkan pendingin udara, kipas angin, atau justru penghangat.

4. Matikan alat komunikasi
Dan satu lagi, ini tidaklah begitu aneh, tetapi benar-benar sederhana dan benar-benar dianjurkan bagi Anda yang yang ketergantungan alat komunikasi. Matikan iPad, smartphone, dan laptop 1 jam sebelum tidur. Lampu aktif dari perangkat itu bisa membuat tubuh terjaga seakan-akan menunggu kabar dari seseorang. Hal yang sama seperti Anda lakukan di siang hari.

By alisuhendri Posted in Tips

Gaya Hidup Sehat untuk Ibu Rumah Tangga


TAK seperti bekerja di kantor dengan jam kerja pasti seperti mulai pukul 8 hingga 5 sore, ibu rumah tangga memiliki jam kerja lebih panjang daripada itu. Mungkin hingga 24 jam penuh.

Meskipun seolah-olah ibu rumah tangga memiliki lebih banyak waktu luang, tetap saja akan ada hambatan untuk mendisiplinkan diri membiasakan hidup sehat seperti makan makanan ehat ataupun pergi ke gym. Jadi, bagaimana pola hidup sehat yang cocok untuk ibu rumah tangga?

1. Jaga rumah dari makanan sampah
Bagaimana bila anak-anak menyukai keripik atau kentang goreng cepat saji? Makanan itu memang sangat mudah didapatkan, Anda hanya tinggal membeli atau memesan saja. Tapi ada baiknya Anda mulai menjauh makanan mengerikan itu dari anak-anak. Coba saja buat kentang goreng ala Anda sendiri dan sajikan dengan saus sambal favorit.

2. Jauhkan makanan manis
Buatlan camilan yang sehat untuk diri sendiri dan keluarga Anda. Dapatkan berbagai macam resep kreatif dan sehat di internet. Ini bisa menjadi semacam hadiah untuk diri sendiri dan keluarga Anda.

3. Suplai camilan sehat
Jika Anda memiliki kebiasaan ngemil sepanjang hari, simpanlah beberapa camilan sehat di rumah.

4. Panggil instruktur ke rumah
Bila Anda merasa malas datang ke gym, kenapa tak memanggil seorang instruktur senam ke rumah bisa juga yoga. Anda juga bisa mengajak beberapa tetangga untuk bergabung.

By alisuhendri Posted in Sehat

Cara Pulihkan Sunburn dengan Cepat


MESKIPUN rajin merawat tubuh, risiko kulit yang terbakar akibat sinar matahari (sunburn) sangatlah mudah terjadi apalagi di musim panas. Jika Anda menyadari kulit di tubuh berwarna sedikit kemerahan, berikut tips untuk segera memulihkannya dari ahli penyakit kulit Rita Csizmadia.

1. Segera setelah menyadari kulit terbakar, yang perlu dilakukan adalah mengobati dengan bahan alami seperti lidah buaya. Potong daging lidah buaya dan oleskan cairannya ke permukaan luka.
2. Anda juga bisa meminum aspirin utnuk membantu merdakan rasa sakit dan membatasi peradangan serta iritasi.
3. Buka kapsul vitamin E dan remas isinya lalu oleskan kulit yang mengelupas. Vitamin E bagus untuk kesehatan kulit dan mendukung proses penyembuhan alami kulit.
4. Untuk kulit yang mengelupas, berendam dalam bak air hangat akan membantu mempercepat proses penyembuhan.
5. Pastikan minum banyak air (10-12 gelas sehari).

Yang pantang dilakukan:
1. Jangan menggaruk atau mengelupas kulit meskipun Anda mungkin tergoda untuk menarik daerah yang mengelupas. Ini dapat merusak kulit Anda, menyebabkan perdarahan dan jaringan parut.
2. Jangan mandi air panas karena bisa mengeringkan minyak alami pada kulit. Mandi saja dengan air hangat.
3. Jangan lupa gunakan tabir surya saat keluar rumah atau sebaiknya hindari paparan sinar matahari dari pukul 11.00-2.00 siang.

By alisuhendri Posted in Kulit

Cara Mudah agar Selalu Muda


MESKIPUN kita tidak bisa mengelak dari ulang tahun berikutnya, bagaimana kita menjalani kehidupan setiap hari dapat membuat perbedaan besar. “Merasa muda bisa didapatkan dengan mempertahankan vitalitas,” kata Dr Susan Hughes, profesor dan direktur Pusat Penelitian Kesehatan dan Penuaan di University of Illinois di Chicago.

“Ada beberapa orang yang tidak pernah merasa tua meskipun telah berusia lanjut,” katanya. Berikut empat cara sederhana untuk merasa lebih muda, mulai hari ini!

1. Nikmati udara luar
Tak ada hal yang lebih menyegarkan ketimbang udara segar dan sinar matahari. Sinar matahari memicu tubuh memproduksi serotonin, bahan kimia otak yang mendorong suasana hati alami. Jadi bersenang-senanglah dalam setiap kesempatan kala menghabiskan waktu di luar. Tidak harus kegiatan rumit: Anda dapat bekerja di kebun, membaca buku di taman atau hanya berjalan-jalan di lingkungan sekitar. Kegiatan sederhana itu akan menyegarkan dengan menikmati dan menjadi bagian dari dunia di sekitar Anda.

2. Manjakan diri
Tidak peduli berapa usia Anda, penting untuk melakukan sesuatu untuk diri sendiri dari waktu ke waktu. Dalam rutinitas kehidupan sehari-hari, sangat mudah untuk melupakan kebutuhan Anda sendiri. Jadi, luangkan satu hari untuk memanjakan diri. Misalnya dengan pijat, makeover, atau membeli baju baru. Apa pun yang membuat Anda tersenyum dan meningkatkan semangat.

3. Bermain dengan si kecil
Tidak ada cara yang lebih baik untuk merasa muda daripada menghabiskan waktu dengan anak-anak. Bergabunglah dengan cucu atau anak saat mewarnai, bermain dengan blok, dan menghabiskan waktu di taman. Atau, perkenalkan anak dengan sesuatu yang baru, seperti permainan kartu favorit Anda. Ini merupakan cara untuk bermain dan belajar bersama dan hubungan Anda dengan si kecil mungkin akan lebih erat di tahun-tahun mendatang

4. Traveling
Mencari cara cepat untuk merasa bebas? Cobalah melangkah keluar dari rutinitas normal. Ikuti tur wisata ke tempat-tempat bersejarah atau bersantai di pantai. Pergi ke suatu tempat baru akan memberikan Anda pengalaman segar

5. Tetap romantis
Baik Anda telah bersama selama 50 tahun maupun hanya 50 hari, asmara dapat menjadi percikan yang membuat Anda merasa muda. “Ini merupakan bentuk hubungan sosial yang paling intim,” kata Hughes. Cinta dapat meningkatkan kesehatan moral dan emosional bahkan dapat membuat Anda berumur panjang, menurut Hughes. Untuk itu, cobalah ajak pasangan pergi makan malam, memberikan hadiah, atau hal romantis lainnya. Anda akan merasa seperti sepasang kekasih berusia muda lagi

Jaga Kelembapan Kulit di Musim Hujan


HUJAN yang telah turun dalam beberapa hari terakhir ini menandakan bahwa kita sudah mulai memasuki musim hujan. Setelah melalui musim panas dengan sinar matahari yang terik dan suhu yang panas, kini saatnya kita mulai mempersiapkan jaket dan payung dalam menyambut musim dingin.

Kita pun harus lebih waspada dengan penyakit seperti pilek dan flu. Namun, bukan hanya itu sebenarnya yang mesti diwaspadai, masalah kulit akibat cuaca dingin juga perlu diperhatikan. Cuaca dingin cenderung membuat kulit kering sehingga kita pun akan lebih lemah dan rentan terhadap segala macam penyakit. “Suhu dingin akan membuat kulit semakin rentan terhadap infeksi,” jelas Jeff Moore, instruktur dari Universitas Philadelphia. Kulit berkerak, kering, dan gatal-gatal, semua itu gejala masalah kulit di musim dingin.

Dan satu-satunya cara untuk mengatasinya yakni dengan memberikan perhatian ekstra. Berikut caranya:

1. Melembapkan dari dalam
Minum banyak cairan. Bila tubuh terhidrasi, begitu juga dengan kulit. Enam sampai delapan gelas air setiap hari dapat membuat semua perbedaan.

2. Melembapkan dari luar
Krim pelembab bisa melindungi kulit dari kekeringan, memungkinkan waktu untuk hidrasi, dan penyembuhan terjadi dalam. Gunakan produk pelembap kulit secara teratur.

3. Jangan mandi terlalu lama
Tidak peduli seberapa dingin itu, terlalu lama mandi terutama dengan air hangat dapat mengurangi kelembapan kulit. Untuk menjaga agar suhu tubuh tetap nyaman dan hangat, mandilah dengan waktu yang singkat.

4. Jangan menggosok kulit
Setelah mandi, keringkan kulit dengan handuk, jangan diogosok karena menggosok akan menyingkirkan sel-sel kulit dan minyak yang berfungsi melembapkan.

5. Hindari sabun keras
Umumnya, produk sabutn yang mengandung pengawet dan wewangian mengurangi cairan di kulit. Maka itu, pilih produk sabun sederhana yang mengandung gliserin yang mempertahankan kelembaban.

6. Gunakan tabir surya
Tabir surya tidak hanya untuk hari-hari saat musim panas, tapi matahari saat cuaca dingin juga dapat merusak kulit. Oleskan krim ke wajah dan tangan Anda sekitar 30 menit sebelum pergi ke luar dan oleskan kembali secara teratur jika berasa di luar untuk waktu yang lama.

By alisuhendri Posted in Tips

7 Langkah Kecil dengan Manfaat Besar Yang Menyehatkan


Tubuh langsing, energi prima bahkan hidup lebih lama, semuanya berawal dari sebuah perubahan kecil yang dapat Anda lakukan mulai hari ini juga.

“Seseorang akan sukses ketika dia memutuskan mengawali segala sesuatu dari sebuah langkah kecil,” ujar Catherine Champagne, Ph.D, seorang professor di Pennington Biomedical Research Center, Louisiana State University System, seperti dikutip detikHealth dari MSN, Senin (6/7/2009).

Begitu juga halnya dengan kesehatan. Tidak ada seorang pun yang dapat mencapai sehat sempurna tanpa melakukan pola hidup sehat, dan dimulai dari hal yang paling sederhana.

Mulai sekarang, ubahlah hari Anda menjadi lebih sehat dengan 10 langkah kecil di bawah ini dan perhatikan apa yang Anda rasakan dan dapatkan setelahnya.

1. Tersenyumlah

Perubahan kecil: mengurangi 10% berat badan.

“Kami menemukan bahwa mereka yang hanya menurunkan berat badannya 1% setiap minggunya, dapat menurunkannya hingga 10% dalam dua atau tiga bulan tanpa merasakan bahwa mereka melakukan suatu pengorbanan berat,” ujar Maciej Buchowski, Ph.D., Direktur Energy Balance Core Laboratory pada Vanderbilt University Medical Center.

Keuntungan besarnya: menurunkan tekanan darah, kolesterol LDL dan trigliserida, mencegah serangan jantung, stroke, dan diabetes.

Sebuah penelitian di Universitas California, San Fransisco mencatat, wanita obesitas dengan pola makan tidak normal yang dapat mengurangi beratnya kurang dari 10% saja, mengalami penurunan tingkat kebocoran 47% setelah enam bulan.

2. Ajak keliling binatang piaraan

Perubahan kecil: meningkatkan aktivitas olahraga 10%. Bahkan jika Anda tidak berlama-lama keliling, tubuh Anda tetap membakar setidaknya 1.000 kalori. Tidak punya hewan piaraan? Cobalah naik turun tangga selama 15 menit.

Keuntungan besarnya: membakar lebih dari 100 kalori tiap harinya dapat menurunkan 10 pon dalam setahun dan jantung pun menjadi lebih sehat.

Women’s Health Initiative mengatakan bahwa, bergerak dapat mengurangi risiko kanker payudara. Berjalan selama 75 menit (10 menit tiap harinya) hingga 2 atau 3 jam seminggu dapat mengurangi 18% risiko tersebut.

3. Sewa Film Komedi

Perubahan kecil: Tertawa setidaknya 10 menit dapat membakar kalori dan menjadikan jantung sehat. Tontonlah film komedi kesukaan Anda dan ajak teman Anda untuk menonton bersama dapat mengurangi 10-20% kalori ketimbang menonton film drama atau action.

Keuntungan besar: Tertawa sama saja seperti berolahraga di sofa. Tertawa membuat otot perut menegang, jantung berdetak lebih cepat, dan memicu nafas lebih cepat sehingga lebih banyak oksigen yang masuk tubuh.

“Semua hal itu dapat membakar energi,” ujar Buchowski, seorang peneliti yang memperkirakan bahwa tertawa dapat membakar 10-40 kalori tiap 10-15 menit seharinya. Artinya, dalam setahun Anda dapat lebih langsing dengan mengurangi 4 pon berat badan, hanya dengan menonton TV!

4. Ambil buah atau sayuran untuk camilan

Perubahan kecil: meningkatkan 10% konsumsi sayuran dan buah-buahan. Ganti camilan Anda dengan wortel atau apel untuk memenuhi asupan vitamin yang diperlukan tubuh.

Keuntungan besar: menambahkan menu sayur dan buah sebagai camilan dapat mengurangi risiko stroke hingga 11% dan serangan jantung hingga 7%.

5. Kurangi asupan garam

Perubahan kecil: menurunkan tekanan darah 10%. Sebuah penelitian mengatakan, seseorang yang menghindari garam umumnya lebih memilih mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Ditambah dengan olahraga teratur, Anda akan mendapatkan tubuh langsing yang alami.

Keuntungan besar: dengan mencegah tekanan darah meningkat, Anda melindungi diri sendiri dan mencegah penyakit ginjal.

6. Konsumsi lemak yang sehat

Perubahan kecil : mendapatkan 10% kalori dari makanan-makanan yang mengandung omega 6, seperti kacang, minyak zaitun dan salad dressing. American Heart Association merekomendasikan 5-10% kalori dari omega 6 tiap harinya.

Keuntungan besar: AHA Science Advisory melaporkan bahwa konsumsi omega 6 dapat mengurangi kolesterol LDL dan mencegah penyakit jantung hingga 24%.

7. Tutup mata sejenak

Perubahan kecil: mengistirahatkan pikiran, setidaknya 10 menit. Carilah tempat yang tenang menjelang siang hari, istirahatlah sejenak terutama jika semalam tidak cukup tidur.

Keuntungan besar: Tidur di siang hari bagus untuk jantung. Peneliti Yunani yang meneliti kematian dari penyakit jantung mengatakan bahwa 37% orang yang melakukan tidur siang secara rutin, hidup lebih lama dibanding mereka yang tidak tidur atau istirahat siang.

Namun untuk mencegah berkurangnya kesadaran, cukup istirahat selama 10 menit saja. Sebuah studi di Australia menyebutkan bahwa mereka yang tidur siang selama 20-30 menit lebih lambat menjalankan aktivitasnya kembali.

By alisuhendri Posted in Tips